Abstrak  Kembali
rangka memajukan dan meningkatkan mutu sekolah yang dipimpin. Dengan kompetensi manajerial ini Kepala Sekolah diharapkan sekolah yang dipimpin akan menjadi lebih baik karena kompetensi manajerial Kepala Sekolah memiliki peran yang kuat dalam merencaakan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah (sebagai key informan), wakil kepala sekolah, tata usaha, guru, siswa, orang tua, dan alumni. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian dilakukan melalui langkah-langkah berikut: 1) mengumpulkan data, 2) mereduksi data, 3) pemaparan data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian evaluasi ini adalah sebagai berikut: 1) Kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam merencanakan meningkatkan mutu sekolah belum sesuai dengan kriteria, 2) Kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam pengorganisasian peningkatan mutu belum sesuai prosedur, 3) Kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam pengarahan penginkatan mutu sekolah juga belum berjalan dengan baik, 4) Kemampuan manajerial dalam pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu dengan melakukan monitoring dan evaluasi juga masih belum memuaskan. Dari keseluruhan manajerial Kepala Sekolah maka dapat dinyatakan bahwa Kepala MTs Nurul Qur’an Cengkareng Jakarta Barat dalam hal peningkatan mutu sekolah belum berjalan dengan baik berdasarkan indikator yang mengacu pada komponen-komponen context, input, prosess, product.