rangka memajukan dan meningkatkan mutu sekolah yang dipimpin. Dengan kompetensi
manajerial ini Kepala Sekolah diharapkan sekolah yang dipimpin akan menjadi lebih baik
karena kompetensi manajerial Kepala Sekolah memiliki peran yang kuat dalam merencaakan,
pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sumber data dari penelitian
ini adalah Kepala Sekolah (sebagai key informan), wakil kepala sekolah, tata usaha, guru,
siswa, orang tua, dan alumni. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui triangulasi data
yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data penelitian dilakukan
melalui langkah-langkah berikut: 1) mengumpulkan data, 2) mereduksi data, 3) pemaparan
data, dan 4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian evaluasi ini adalah sebagai berikut: 1)
Kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam merencanakan meningkatkan mutu sekolah
belum sesuai dengan kriteria, 2) Kemampuan manajerial Kepala Sekolah dalam
pengorganisasian peningkatan mutu belum sesuai prosedur, 3) Kemampuan manajerial
Kepala Sekolah dalam pengarahan penginkatan mutu sekolah juga belum berjalan dengan
baik, 4) Kemampuan manajerial dalam pengendalian atau pengawasan yang dilakukan oleh
kepala sekolah dalam meningkatkan mutu dengan melakukan monitoring dan evaluasi juga
masih belum memuaskan. Dari keseluruhan manajerial Kepala Sekolah maka dapat
dinyatakan bahwa Kepala MTs Nurul Qur’an Cengkareng Jakarta Barat dalam hal
peningkatan mutu sekolah belum berjalan dengan baik berdasarkan indikator yang mengacu
pada komponen-komponen context, input, prosess, product.
|