Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, konsep diri dan komunikasi interpersonal guru terhadap kinerja guru di SMP swasta Kecamatan Ciledug Kota Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode metode survey kausal dan teknik pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi dalam penelitian berjumlah 182 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling dengan rumus Slovin sehingga diperoleh jumlah sampel 125 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 77,1%. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri guru (X2) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 36,8%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara komunikasi interpersonal guru (X3) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 43,8%. 4) Terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap konsep diri guru (X2) sebesar 51,5% 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap komunikasi interpersonal guru (X3) sebesar 56,6%. 6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri guru (X2) terhadap komunikasi interpersonal guru (X3) sebesar 66,3%.