Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kepemimpinan transformasional kepala sekolah, konsep diri dan komunikasi
interpersonal guru terhadap kinerja guru di SMP swasta Kecamatan Ciledug Kota
Tangerang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
metode survey kausal dan teknik pendekatan analisis jalur (path analysis). Populasi
dalam penelitian berjumlah 182 orang guru. Teknik pengambilan sampel
menggunakan Proportional Random Sampling dengan rumus Slovin sehingga
diperoleh jumlah sampel 125 guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik
kuesioner. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan
transformasional kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 77,1%. 2)
Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara konsep diri guru (X2) terhadap
kinerja guru (X4) sebesar 36,8%. 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara
komunikasi interpersonal guru (X3) terhadap kinerja guru (X4) sebesar 43,8%. 4)
Terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap
konsep diri guru (X2) sebesar 51,5% 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap komunikasi
interpersonal guru (X3) sebesar 56,6%. 6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan
antara konsep diri guru (X2) terhadap komunikasi interpersonal guru (X3) sebesar
66,3%.
|