Tesis ini membahas tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan solusi
penerapan pelaksanaan manajerial kepala Sekolah di SD Negeri Sukajaya 01
Kecamatan Sukajaya Kab Bogor. Metode yang digunakan adalah Metode
Kualitatif. Model Evaluasi yang digunakan adalah ketimpangan (DEM).
Pengumpulan data yang diperoleh dari berbagai sumber, latar dan sumber melalui
studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kepala
Sekolah dalam memanajerial Sekolah dalam Standar Sarana dan Prasarana dan
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan perlu diperbaiki. Subyek penelitian
yaitu Kepala Sekolah, dan guru-guru. Obyek penelitian yaitu seluruh yang ada di
sekolah yang diteliti. Instrumen penelitian dimaksudkan sebagai alat pengumpulan
data dalam penelitian ini adalah: lembar kisi-kisi yang dilengkapi dengan pedoman
wawancara, berupa pertanyaan-pertanyaan, observasi, studi dokumentasi dari
seluruh kegiatan observasi yang dilakukan. Teknik pengumpulan data
menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumetasi. Teknik analisis
data yaitu perencanaan, pengumpulan data, pemisah data, verifikasi dan mengambil
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pemenuhan standar sarana
dan prasarana tidak optimal 2) pemenuhan standar pendidik dan tenaga
kependidikan perlu ditingkatkan 3) pemenuhan standar sarpras dan tenaga pendidik
dan kependidikan tidak sesuai dengan Tugas dan Fungsi kepala Sekolah. Tugas
dan fungsi Kepala Sekolah sebagai Manajer 4) perlu menganalisis hambatan dan
tantangan sekolah melalui analisis SWOT.
|