Abstrak  Kembali
Tesis ini membahas tentang perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan solusi penerapan pelaksanaan manajerial kepala Sekolah di SD Negeri Sukajaya 01 Kecamatan Sukajaya Kab Bogor. Metode yang digunakan adalah Metode Kualitatif. Model Evaluasi yang digunakan adalah ketimpangan (DEM). Pengumpulan data yang diperoleh dari berbagai sumber, latar dan sumber melalui studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi Kepala Sekolah dalam memanajerial Sekolah dalam Standar Sarana dan Prasarana dan Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan perlu diperbaiki. Subyek penelitian yaitu Kepala Sekolah, dan guru-guru. Obyek penelitian yaitu seluruh yang ada di sekolah yang diteliti. Instrumen penelitian dimaksudkan sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: lembar kisi-kisi yang dilengkapi dengan pedoman wawancara, berupa pertanyaan-pertanyaan, observasi, studi dokumentasi dari seluruh kegiatan observasi yang dilakukan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan studi dokumetasi. Teknik analisis data yaitu perencanaan, pengumpulan data, pemisah data, verifikasi dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) pemenuhan standar sarana dan prasarana tidak optimal 2) pemenuhan standar pendidik dan tenaga kependidikan perlu ditingkatkan 3) pemenuhan standar sarpras dan tenaga pendidik dan kependidikan tidak sesuai dengan Tugas dan Fungsi kepala Sekolah. Tugas dan fungsi Kepala Sekolah sebagai Manajer 4) perlu menganalisis hambatan dan tantangan sekolah melalui analisis SWOT.