Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan melayani kepala sekolah dan motivasi terhadap kinerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan melayani kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi terhadap kinerja guru, (3) Terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpian melayani kepala sekolah terhadap motivasi. Metode yang digunakan kuantitatif dengan path analysis. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan sampel penelitian berjumlah 155 guru. Data diperoleh menggunakan kuesioner yang berbentuk skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan : Pertama, terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan gaya kepemimpinan melayani kepala sekolah terhadap kinerja guru melalui persamaan regresi ̂3= 4,111 + 0,881X1 artinya semakin meningkat gaya kepemimpinan melayani kepala sekolah maka kinerja guru akan mengalami peningkatan dengan koefisien determinasi sebesar r2 13 = 0.450 serta sebesar 45.0 % variasi kinerja Guru (X3) di pengaruhi oleh Gaya Kepemimpinan Melayani Kepala Sekolah (X1). Kedua, terdapat pengaruh langsung positif motivasi terhadap kinerja guru melalui persamaan regresi ̂3= 24,839 + 0,667X2 artinya semakin meningkat motivasi maka kinerja guru akan mengalami peningkatan dengan koefisien determinasi sebesar r2 23 = 0,398serta sebesar 39,8% variasi kinerja guru (X3) dipengaruhi motivasi (X2). Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif gaya kepemimpinan melayani kepala sekolah terhadap motivasi melalui persamaan regresi ̂2= 53,032 + 0,739X1 artinya semakin meningkat gaya kepemimpinan melayani kepala sekolah maka motivasi akan mengalami peningkatan dengan koefisien determinasi sebesar r2 12 = 0,398 serta sebesar 39,8% variasi motivasi (X2) dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan melayani kepala sekolah (X1).