Abstrak  Kembali
Inovasi penggunaan media dan teknologi dalam pembelajaran matematika memegang peranan penting untuk membantu siswa memahami konsep dan aplikasi matematika di era digital. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran model KADIR (Koneksi, Aplikasi, Diskursus, Improvisasi, Refleksi) berbasis media android untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis. Penelitian dilakukan di suatu MTs di Jakarta Selatan kelas VII Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan desain ADDIE (analyze, design, development, implement, evalution). Pengumpulan data validasi ahli menggunakan lembar Google Form, kuesioner, dan tes. Analisis data menggunakan teknik kevalidan, keefektifan dan kepraktisan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa rata-rata hasil penilaian produk LKS yang dikembangkan sebesar 4,74 (layak). Selanjutnya rata-rata skor hasil penilaian media pembelajaran berbasis android sebesar 4,31 (layak). Kemampuan komunikasi matematis meningkat dari sebelum menggunakan perangkat sebesar 56,67 menjadi 76,60 setelah menggunakan perangkat. Lebih lanjut kemampuan pemecahan masalah matematis meningkat dari sebelum menggunakan perangkat sebesar 48,67 menjadi 72,67 setelah menggunakan perangkat. Demikian pula persentase respon positif siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh sebesar 91% atau tergolong sangat baik. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa pengembangan perangkat pembelajaran model KADIR berbasis media android yang dikembangkan valid, efektif dan praktis sehingga dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kominikasi matematis.