Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh penggunaan media video pembelajaran dan proses pembelajaran bahasa Indonesia, 2) Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap keterampilan mendeklamasikan puisi, 3) Hubungan antara proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan keterampilan mendeklamasikan puisi pada siswa kelas IV SD Islam Ruhama Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Islam Ruhama, dengan sampel kelas IVB sebagai kelas eksperimen dan IVA sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data dengan uji-t dan analisis korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media video pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap keterlibatan siswa saat mengikuti proses pembelajaran. Rata-rata
pada kelas eksperimen yaitu 85,00 dan pada kelas kontrol yaitu 76,00 dan nilai thitung 2,535 > ttabel. Penggunaan media video pembelajaran secara signifikan juga berpengaruh terhadap keterampilan siswa dalam mendeklamasikan puisi. Rata-rata keterampilan mendeklamasikan puisi pada kelas eksperimen yaitu 83,63 dan pada kelas kontrol yaitu 75,89 dan nilai thitung 2,730 > ttabel. Artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil
penilaian pada kelas eksperimen yang menggunakan media video pembelajaran dengan kelas kontrol yang menggunakan media buku siswa.
Hasil analisis pengaruh diperoleh 0,587 kelas eksperimen dan 0,606 kelas kontrol. Artinya ada hubungan positif yang cukup kuat antara proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan mendeklamasikan puisi. Sehingga disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan media video pembelajaran dan proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan mendeklamasikan puisi, dan terdapat hubungan positif yang cukup kuat antara proses pembelajaran bahasa Indonesia terhadap keterampilan mendeklamasikan puisi pada siswa kelas IV SD Islam Ruhama tahun ajaran 2021/2022.
|