Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran blended
learning yang dilakukan di SDIT Al Khoiriyah Al Husna Sukabumi, yang
mencakup: 1) persiapan pembelajaran, 2) pelaksanaan pembelajaran, 3) keluaran
pembelajaran blended learning yang dilaksanakan, 4) hambatan dan tantangan yang
dihadapi dalam pembelajaran blended learning di SDIT Al Khoiriyah Al Husna
Sukabumi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan Countenance
Evaluation Model (evaluasi Stake). Teknik pengumpulan data yang digunakan
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
mengungkapkan bahwa dalam penyelenggaraan program pembelajaran blended
learning di SDIT Al Khoiriyah Al Husna Sukabumi berlandaskan pada peraturan
perundang-undangan yang ada, dilaksanakan sesuai dengan panduan
penyelenggaraan pembelajaran blended learning. Secara umum, keseluruhan
komponen evaluasi pada pembelajaran blended learning SDIT Al Khoiriyah Al
Husna Sukabumi menunjukkan hasil yang cukup maksimal sesuai dengan kriteria
evaluasi yang mana, penerapan pendidikan saat ini tidak hanya terpaku di kelas
saja, pembelajaran blended learning memberikan pengalaman baru bagi orang tua
dan siswa terlebih di era saat ini, dan dalam pelaksanaan pembelajaran blended
learning dibutuhkan sarana dan prasaran yang mendukung.
|