ABSTRAK Sri Sudarningrum, Evaluasi Terhadap Optimalisasi Manajemen Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Permata Bunda Kecamatan Matraman Jakarta Timur. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2012. Tesis ini bertujuan untuk melihat kesesuaian konteks, input, proses dan produk serta optimalisasi manajemen Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Permata Bunda Jakarta Timur. Standar Pendidikan Anak Usia Dini yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 tahun 2009 menjadi acuan penilaian. Metode yang dipergunakan adalah kombinasi metode deskriptif dan evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Data diperoleh dengan menggunakan telaah dokumen, observasi, wawancara, kuisioner, catatan lapangan dan dianalisis kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman. Triangulasi dilakukan dengan kombinasi triangulasi sumber dan triangulasi metode yang dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) kesesuaian konteks yang meliputi kebijakan pemerintah, tujuan pendidikan, dan kebutuhan masyarakat terhadap Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Permata Bunda Jakarta Timur kategori cukup, (2) Kesesuaian input dengan standar input yang meliputi siswa, daya dukung orangtua, pembiayaan, kurikulum, guru, tenaga kependidikan, sarana prasarana dan administrasi Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Permata Bunda Jakarta Timur dalam kategori cukup, (3) Kesesuaian proses dengan standar proses yang meliputi perencanaan, pelaksanaan (penataan lingkungan bermain dan pengorganisasian kegiatan, serta jenis kegiatan pengembangan diri) dan penilaian pembelajaran dalam kategori baik, (4) kesesuaian product dengan standar produk pada Taman Kanak-kanak Islam Terpadu (TKIT) Permata Bunda Jakarta Timur dalam kategori baik, (5) optimalisasi manajemen dilakukan dengan meningkatkan wawasan dan keterampilan guru secara rutin dan kontinyu, meningkatkan kerjasama dan koordinasi dengan orangtua dalam proses pembelajaran serta memaksimalkan pemanfaat ICT (Information and Communication Technology). Taman Kanak-kanak Islam Terpadu adalah salah satu kebutuhan masyarakat yang menginginkan penanaman akhlakul karimah melalui pembiasaan nilai-nilai Islam sejak dini perlu dipertimbangkan menjadi satu bagian dalam kurikulum nasional yang ditetapkan oleh Pemerintah.
|