|
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa waktu tunggu informasi
tagihan pulang pasien rawat inap di Siloam Hospital Purwakarta. Waktu tunggu adalah waktu yang digunakan oleh petugas kesehatan di rumah sakit untuk memberikan pelayanan pada pasien. Waktu tunggu juga merupakan masalah yang sering menimbulkan keluhan pasien dibeberapa rumah sakit. Penelitian ini dilakukan di RS Siloam Purwakarta bagian rawat inap (Inpatient Department) lantai 3A pada bulan Juli – November 2020. Metode Penelitian bersifat penelitian kualitatif dengan pendekatan case study. Seluruh data dalam penelitian ini dikumpulkan melalaui data primer dengan melakukan wawancara mendalam (in-depht interview) dan observasi langsung. Sedangkan data sekunder dikumpulkan melalui desk research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pasien umum yang akan pulang baru mendapatkan informasi tentang tagihan akhir setelah menunggu selama 226,93 menit (≥ 2 jam). Waktu tercepat yang ada selama penelitian ini adalah 126 menit dan yang terlama yaitu 358 menit (5 jam 9 menit). Proses penyelesaian administrasi pasien rawat ini dipengaruhi oleh Sumber Daya Manusia (SDM), kebijakan, SIM RS, lama hari rawat dan jumlah pasien. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah waktu tunggu pemberian informasi tagihan pasien rawat inap yang akan pulang masih tergolong lama ≥ 2 jam. Saran untuk bagian management harus meningkatkan penilaian secara berkala, mengoptimalkan sistem reward dan punishment, monitoring dan evaluasi serta pelatihan
berkala dan sosialisasi terhadap karyawan. Dan untuk bagian IT segera membenahi permasalahan sistem yang ada, sehingga pelayanan yang diberikan kepada pasien dapat lebih cepat dan tepat.
|