Abstrak  Kembali
ABSTRAK Yuniar Manullang. Hubungan Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah dengan Disiplin Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Koja Jakarta Utara. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2012. Tesis ini bertujuan untuk apakah terdapat 1) hubungan antara supervise pengawas dengan disiplin kerja guru, 2 hubungan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru, dan 3) hubungan antara supervisi pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Koja Jakarta Utara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survey karena penelitian ini berupaya mengumpulkan data dari sample untuk menentukan status populasi dalam hubungannya dengan variabel yang diteliti Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SD Negeri se-Kecamatan Koja Jakarta Utara yaitu berjumlah 896 orang dari 71 sekolah. Dengan menggunakan rumus Slovin ditentukan jumlah sampel penelitian sebanyak 277 orang, sedangkan dari sisa anggota populasi dipilih sebanyak 30 orang sebagai sampel ujicoba. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampling secara proporsional (Proportionate Stratified Random Sampling). Teknik pengambilan data menggunakan instrumen berbentuk kuesioner dengan pengukuran skala Likert. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data meliputi demografi responden, deskripsi data, pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi dan uji regresi. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan 1) Terdapat hubungan positif antara supervisi pengawas dengan disiplin kerja guru. Besarnya kontribusi variabel supervise pengawas dengan disiplin kerja guru sebesar 36,5% berarti 36,5% variasi nilai disiplin kerja guru ditentukan oleh supervisi pengawas. 2) Terdapat hubungan positif antara kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru. Besarnya kontribusi variable kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru sebesar 42,7%, berarti 42,7% variasi nilai disiplin kerja guru ditentukan oleh kepemimpinan kepala sekolah. 3) Terdapat hubungan positif antara supervisi pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama dengan disiplin kerja guru. Besarnya kontribusi variable supervisi pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah dengan disiplin kerja guru sebesar 49,0%, berarti 49,0% variasi yang terjadi pada disiplin kerja guru ditentukkan secara bersama-sama oleh supervisi pengawas dan kepemimpinan kepala sekolah.