Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk Mengimplementasikan pendidikan karakter di SMP/MTs. Penelitian ini menganalisis pendidikan karakter untuk meningkatkan berpikir kreatif melalaui metode daring pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial di SMP/MTs. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Studi kasusu.Dalam metode penelitian deskriptif kualitatif peneliti menggunakan metode studi kasus adalah melakukan studi mendalam terhadap kasus atau fenomena tertentu yang ada di masyarakat untuk mempelajari latar belakang, situasi dan interaksinya.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi dan juga diperoleh melalui observasi, wawancara, analisis dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah guru IPS dan peserta didik. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah implementasi pendidikan karakter dan kemudian data hasil observasi, wawancara dan analisis dokumen dianalisis dengan tahapan data yang ada direduksi dipilah dan diinterpretasikan menjadi bahan-bahan pendukung maupun bahan utama dalam proses penelitian. Setelah itu data yang sudah direduksi disajikan, dan terakhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter di SMP Muhammadiyah; (2) Implementasi Pendidikan Karakter dalam meningkatkan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPS ; (3) Proses pembentukan karakter pada metode pembelajaran Daring mapel IPS; (4) pendukung dan penghambat seta solusi implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran daring.