Tesis ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pendekatan
kontekstual dalam pembelajaran Geografi, mengevaluasi pembelajaran Georafi dengan pendekatan Kontekstual dalam meningkatkan kreativitas peserta didik serta untuk mengetahui kegunaan kreativitas dalam pembelajaran Geografi di SMA Muhammadiyah 12 Jakarta. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengambilan data penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan Februari 2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi; wawancara, observasi atau pengamatan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model interaktif. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik.
Hasil penelitian dapat disimpulkan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran Geografi untuk meningkatkan kreativitas peserta didik kelas X IPS 1 SMA Muhammadiyah 12 Matraman Jakarta dilakukan dengan model
pembelajaran berbasis masalah dengan menggunakan metode tanya jawab dan
diskusi kelompok. Dalam diskusi kelompok, terbagi menjadi tiga tahap yaitu, (1) tahap awal, guru memancing kreativitas peserta didik dengan memberi motivasi, menampilkan gambar dan video yang kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan. (2) tahap inti, yang terdiri dari tiga pola tahapan; a) guru menuntun siswa, b) mengumpulkan informasi, c) presentasi kelompok. (3) tahap penutup. Upaya guru dalam memancing kreatifitas peserta didik dengan cara; a) peserta didik dilibatkan secara sistematik, mulai dari kegiatan awal pembelajaran sampai pada kegiatan akhir, b) memotivasi peserta didik menjadi aktif dalam pembelajaran dengan membangun kerjasama yang kuat dan bertanggungjawab dalam mengerjakan tugas diskusi kelompok, c) menerima ide-ide, pendapat ataupertanyaan yang dihasilkan oleh peserta didik, d) memberikan motivasi, apresiasi atau reward selama proses pembelajaran berlangsung ataupun diakhir pembelajaran sebagai bentuk penghargaan kepada peserta didik yang kreatif, dan kegiatan menanam pohon sebagai solusi dari masalah yang terjadi di sekitar lingkungan peserta didik.
|