ABSTRAK AMBROSIUS BARDI. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru dengan Mutu Pelayanan Pendidikan Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara. Tesis. Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2012. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang: (1) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan mutu pelayanan pendidikan, (2) hubungan kepuasan kerja guru dengan mutu pelayanan pendidikan, dan (3) hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama dengan mutu pelayanan pendidikan. Metode penelitian adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional dengan pola kajian korelatif dengan menempatkan variabel penelitian dalam dua kelompok yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru SD Negeri di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara yang berjumlah 371 guru di 27 sekolah dasar negeri. Untuk menentukan sampel digunakan teknik proportional random sampling sehingga didapatkan sampel sebanyak 90 orang guru SD Negeri di Kecamatan Pademangan Jakarta Utara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi sederhana serta ganda. Hasil Penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dengan mutu pelayanan pendidikan, dengan rhitung = 0,713 > rtabel 0,207 dan thitung = 9,55 > ttabel = 1,67. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pelayanan pendidikan adalah sebesar 50,91%, (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepuasan kerja guru dengan mutu pelayanan pendidikan, dengan rhitung = 0,518 > rtabel 0,207 dan thitung = 5,68 > ttabel = 1,67. Sumbangan efektif yang diberikan oleh variabel kepuasan kerja guru terhadap mutu pelayanan pendidikan adalah sebesar 26,81%, dan (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kepuasan kerja guru secara bersama-sama dengan mutu pelayanan pendidikan, dengan Fhitung = 56,80 > Ftabel = 3,44. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh disarankan dalam penelitian ini: (1) hendaknya kepala sekolah terus berusaha meningkatkan kualitas kepemimpinannya agar mampu mempengaruhi warga sekolah dalam rangka untuk meningkatkan mutu pelayanan sekolah, (2) hendaknya kepala sekolah juga memperhatikan tingkat kepuasan kerja guru sehingga mutu pelayanan sekolah dapat ditingkatkan, dan (3) pihak sekolah hendaknya memberikan perhatian bagi guru-guru dan karyawan sekolah dalam hal pemenuhan hak-hak sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku sehingga para guru dan karyawan dapat meningkatkan kinerjanya yang pada gilirannya dapat meningkatkan mutu pelayanan pendidikan. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kepuasan Kerja Guru, Mutu Pelayanan Pendidikan.
|