Penelitian ini berfokus kepada pengembangan E-modul berbasis web dengan materi Penginderaan Jarak jauh dalam pembelajaran kecakapan abad 21. Kecakapan abad 21 meliputi berpikir kritis, kreatif, komunikasi, kolaborasi, komputasi dan rasa empati atau peduli terhadap orang lain dan linkungan. Kecakapan abad 21 dapat dimuat dengan bahan ajar, namun berdasarkan observasi siswa SMA Muhammadiyah 3 Jakarta kelas XII bahan ajar belom tervalidasi dan mengunakan google sites dengan rifrensi yang belom terdapat unsur kecakapan abad 21, dengan begitu penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan pengembangan E-modul geografi dalam pembelajaran kecakapan abad 21 di SMA Muhammadiyah 3 Jakarta 2) Mendiskripsikan kualitas E-modul geografi dalam pembelajaran kecakapan abad 21 di SMA Muhammadiyah 3. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D) metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan ADDIE yang merupakan singkatan dari (Analysis, Design, Develompment, Implementation, Evaluation). Tahap analisis (analysis) menganalisis bahan ajar dan kebutuhan materi ajar. Tahap perancangan (design) adalah penyusunan instrumen penilaian, sumber refrensi materi, penentuan model ajar dan kerangka E-Modul. Tahap pengembangan (development) meliputi rangkaian pengembangan E-modul berbasis web, validasi ahli masukan dan saran serta revisi modul. Tahap implementasi (implementation) adalah tahap uji coba E-modul yang sudah tervalidasi oleh siswa baik penggunaan materi maupun teknis pengoprasiannya. Tahap evaluasi (evaluation) adalah tahap menganalisis kelebihan dan kelemahan E-modul yang telah diujicobakan. Kualitas modul ditentukan oleh tiga kriteria yaitu validity (validitas), practicality (kepraktisan) dan effectiveness (keefektifan)
Berdasarkan penilaian oleh tim ahli E-modul ini dinyatakan valid dengan nilai rata-rata 80% (valid) oleh ahli materi dan nilai rata-rata 82% (valid) oleh ahli media. Dan mendapat nilai rata-rata 84,86% (sangat praktis) dari aspek kepraktisaanya yang berasal dari respon siswa . selanjutnya E-modul ini dinyatakan efektif berdasarkan hasil wawancara dari guru bidang studi geografi dengan materi penginderaan jarak jauh menyatakan bahwa E-modul ini berpotensi mengembangakan kecakapan abad 21 siswa.
|