Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat kompetensi keahlian dan motivasi belajar dengan hasil belajar KKPI di SMK AL-Washliyah Jakarta. Sifat atau bentuk yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yaitu dengan desain penelitian adalah survey dengan metode analisis regresi dan korelasional yang mendapatkan data dengan teknik pengumpulan kuesioner. Kuesioner dilakukan kepada peserta didik SMK AL-Washliyah Jakarta yang terdiri dari kelas X, XI dan XII termasuk terdiri dari kompetensi keahlian yaitu Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. Kompetensi keahlian pada setiap kelas tersebut akan dilakukan pengkajian tentang adanya hubungan dengan hasil belajar KKPI dan keeratan hubungan antar keduanya. Motivasi belajar peserta didik menjadi variabel kedua untuk bisa melihat adanya hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar KKPI dan keeratan hubungan antara keduanya. Hasil belajar KKPI dilakukan dengan test praktek komputer yang dilakukan di ruang laboratorium komputer SMK AL-Washliya Jakarta. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara minat kompetensi keahlian dengan hasil belajar KKPI dan adanya keeratan hubungan yang bersifat signifikan atau bersifat positif yang memiliki arti bahwa jika minat kompetensi keahlian tinggi akan menghasilkan hasil belajar KKPI yang tinggi pula, selain itu juga adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar KKPI dengan keeratan hubungan yang bersifat signifikan atau hubungan yang positif dimana tinggi rendahnya motivasi belajar peserta didik akan juga mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar KKPI peserta didik. Kesimpulan selanjutnya adalah adanya hubungan antara hasil belajar KKPI dengan minat kompetensi keahlian dan motivasi belajar secara bersama-sama.