Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Efektivitas pelaksanaan
kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Gugus 3 Citeureup; (2)
Efektivitas pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar
Gugus 3 Citeureup ditinjau dari segi input; (3) Efektivitas pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Gugus 3 Citeureup ditinjau dari segi proses; (4) Efektivitas pelaksanaan kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar Gugus 3 Citeureup ditinjau dari segi produk; dan (5) Kendala-kendala dalam kegiatan KKG Sekolah Dasar Gugus 3 Citeureup.
Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan evaluatif, di mana peneliti bermaksud mengumpulkan data tentang implementasi kebijakan. Desain penelitian evaluatif dilakukan dengan tahap: (1) survei awal; (2) pengevaluasian dibandingkan dengan standar atau teori; dan (3) perbaikan bagi kegiatan KKG. Tahap survei lapangan pada penelitian ini
dilakukan untuk melihat kegiatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah : (1) Metode Observasi ; (2) Metode Wawancara; (3) Metode Dokumentasi; dan (4) Analisis Dokumen, Adapun teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) pengambilan kesimpulan dan verifikasi. Analisis menunjukkan bahwa: 1) sebelum melakukan kegiatan KKG di Gugus 3 Citeureup pengurus dan para guru pemandu menyusun program kegiatan, 2) Pelaksanaan Kegiatan KKG Gugus 3 CIteureup sesuai program yang telah tersusun dengan model pemberdayaan tutor sebaya dan berjalan cukup lancar karena dukungan berbagai pihak terutama keaktifan para anggota, 3) faktor pendukung kegiatan KKG Gugus 3 CIteureup antara lain semangat dan motivasi kerja para guru, usia dan kualifikasi pendidikan para guru, koordinasi dan kerjasama yang baik antara pihak-pihak terkait, sedang faktor penghambatnya adalah keadaan sekolah yang kurang kondusif, terbatasnya sarana prasarana, belum adanya penghargaan yang seimbang dan masih rendahnya kesejahteraan guru, 4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah memotivasi guru, melakukan koordinasi dengan masyarakat dan mengusulkan dana kepada
pemerintah, 5) partisipasi aktif guru dan dukungan para pejabat mempengaruhi pelaksanaan program KKG di Gugus 3 Citeureup, 6) melalui kegiatan KKG di Gugus 3 Citeureup dapat meningkatkan profesionalisme guru.
|