Abstrak  Kembali
Penelitian tesis ini bertujuan untuk menganalisis, (1) pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja guru, (2) pengaruh kompensasi terhadap kinerja guru, (3) pengaruh kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja, (4) pengaruh kompensasi terhadap motivasi kerja, dan (5) pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru. Hipotesis dalam penelitian ini di duga terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel-variabel : (1) Kecerdasan emosional terhadap kinerja guru (2) kompensasi terhadap kinerja guru (3) kecerdasan emosional terhadap motivasi kerja (4) Kompensasi terhadap motivasi kerja (5) motivasi kerja terhadap kinerja guru Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, dengan populasi sebanyak 154 guru Taman Kanak-Kanak dan sampelnya menjadi 111 guru. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Instrumen kuesioner. Analisis data menggunakan analisis jalur dibantu dengan sofware SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung 2,406 dan nilai Sig 0,018 < 0,05, (2) kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai thitung 5,565 dan nilai Sig 0,000 > 0,05, (3) kecerdasan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan nilai thitung 1,501 dan nilai Sig 0,136 > 0,05, (4) kompensasi tidak berpengaruh signifikan terhadap motivasi kerja guru dengan thitung 0,477 dan nilai Sig 0,635 > 0,05, (5) motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan thitung 2,369 dan nilai Sig 0,020 > 0,05.