Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Media Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 ditinjau dari Motivasi Belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas 3A dan 3C di SDN Pisangan Baru 11 Pagi. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu teknik Cluster Sampling dengan metode Quasi Eksperimental Design. Uji validitas instrumen angket mengggunakan Product Moment didapat 17 item valid dan 3 item tidak valid. Uji realibilitas angket mengggunakan Korelasi Alpha Cronbach diperoleh nilai rhitung sebesar 0,852 artinya sangat tinggi. Uji validitas instrumen soal mengggunakan point biserial didapat 17 soal valid dan 3 soal tidak valid. Uji reliabilitas soal mengggunakan KR20 diperoleh nilai rhitung sebesar 0,775 artinya tinggi. Uji hipotesis menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung= 24,37 pada taraf signifikansi 0,01 ttabel = 7,06 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Uji hipotesis kedua menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung) = 9,20 pada taraf signifikansi 0,01 ttabel = 7,06 karena thitung > ttabel maka Ho ditolak. Uji hipotesis ketiga menggunakan uji ANNAVA dua jalur diperoleh thitung interaksi (I) = 0,17 pada taraf signifikansi 0,01 ttabel = 7,06 karena thitung > ttabel maka Ho diterima artinya bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi belajar siswa dan faktor eksternal seperti media pembelajaran.