Tesis ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan, karakteristik dan model rancangan Program Pembelajaran Individual (PPI) pada siswa berkesulitan belajar membaca permulaan di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan dengan menggunakan desain Program Pembelajaran Individual (PPI) yang terdiri dari membentuk tim PPI, menilai kebutuhan siswa, mengembangkan tujuan jangka panjang dan jangka pendek, merancang prosedur pencapaian tujuan dan menentukan metode untuk menentukan kemajuan siswa. Hasil penelitian ini adalah peneliti memulai kegiatan dengan mengobservasi siswa yang memiliki kesulitan belajar khususnya kesulitan dalam membaca permulaan. Dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara mendalam terhadap informan, peneliti menemukan informasi-informasi yang mendukung dalam pelaksanaan program pembelajaran individual. Selanjutnya peneliti mengembangkan program pembelajaran individual (PPI) dengan merancang pembelajaran membaca permulaan yang diindividualkan. Selanjutnya pembuatan PPI oleh peneliti yang kemudian divalidasi oleh tim validator. Hasil validasi kemudian diperbaiki dan menjadi sebuah produk baru yakni desain Program Pembelajaran Individual (PPI) yang akan menjadi panduan pendidik di kelas regular dalam memberikan program pembelajaran untuk siswa yang memiliki kesulitan belajar membaca permulaan.
|