Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan proses sains, sikap ilmiah, sikap keagamaan, dan sikap sosial di SD Al-Bayan Islamic Shool dengan SD Negeri Larangan I Kota Tangerang dan faktor-faktor yang mungkin menjadi penyebab perbedaan diantara dua sekolah tersebut. Metode penelitian yang dipakai adalah penelitian kausal (causal comparative research) atau ex post facto.
Sampel atau responden dalam penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD Al-Bayan Islamic School yang berjumlah 25 siswa dan siswa Kelas IV SD Negeri Larangan I Kota Tangerang yang berjumlah 38 siswa. Metode yang digunakan adalah metode perbandingan. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes untuk keterampilan proses sains, dan angket untuk sikap ilmiah, sikap keagamaan, dan sikap sosial. Selanjutnya dilakukan uji prasyarat normalitas dan homogenitas antara keterampilan proses sains, sikap ilmiah, sikap keagamaan, dan sikap sosial di SD Al-Bayan Islamic Shool dengan SD Negeri Larangan I Kota Tangerang yang datanya menunjukan kelompok data normal dan homogen. Setelah itu uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung keterampilan proses sains = 2,904, thitung sikap ilmiah = 13,573, thitung sikap keagamaan = 14,292, dan thitung sikap sosial = 5,110 pada taraf signifikansi 0,05 ttabel = 2,052. Karena thitung > ttabel maka H0 ditolak. Dengan demikian artinya keterampilan proses sains, sikap ilmiah, sikap keagamaan, dan sikap sosial pada SD Al-Bayan Islamic School berbeda secara signifikan dengan SD Negeri Larangan I Kota Tangerang, begitu juga sebaliknya.
Terdapat perbedaan keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan sikap keagamaan, dan sikap sosial antara siswa kelas IV SD Negeri Larangan I Kota Tangerang dengan SD Al-Bayan Islamic School. Siswa kelas IV SD Al-Bayan Islamic School memiliki kemampuan keterampilan proses sains, sikap ilmiah, dan sikap keagamaan yang lebih tinggi dibanding siswa kelas IV SD Negeri Larangan I Kota Tangerang. Sedangkan siswa kelas IV SD Negeri Larangan I Kota Tangerang memiliki sikap sosial yang lebih tinggi daripada siswa kelas IV SD Al-Bayan Islamic School. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains, sikap ilmiah, sikap keagamaan, dan sikap sosial pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV di SD Al-Bayan Islamic School dengan SD Negeri Larangan I Kota Tangerang.
|