Abstrak  Kembali
Tujuan penelelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak, untuk mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak, untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis terhadap motivasi belajar siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak dan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode survey dengan teknik korelasional yang menggambarkan tentang variabel - variabel pada subyek yang diteliti, sekaligus menyelidiki hubungan antar variabel. Populasi yang digunakan dalam penelitian 120 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yakni 120 siswa. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar negeri di gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kabupaten Lebak. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terdapat nilai signifikansi 0,048 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yang berarti hasil uji hipotesis menerima Ha1 dan menolak H01 yakni terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak, terdapat nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yang berarti hasil uji hipotesis menerima Ha2 dan menolak H02 yakni terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak, Terdapat nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yang berarti hasil uji hipotesis menerima Ha3 dan menolak H03 yakni terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dengan motivasi belajar siswa kelas IV di SDN Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak dan terdapat nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 yang berarti hasil uji hipotesis menerima Ha4 dan menolak H04 yakni terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa kelas IV di SDN Gugus 2 Kecamatan Kalanganyar Kab. Lebak.