Abstrak  Kembali
Penelitian yang dilakukan adalah penelitian evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana implementasi dan keberhasilan program tahfizh Al-Qur‟an 10 juz mutqin di Qur‟anic School of Dewan Da‟wah setara SMP Jakarta. Dengan mengunakan model evaluasi CIPP yaitu singkatan dari Contexs evaluation, Imput evaluation, Proses evaluation, dan Produk evaluation. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari Ketua PKBM Dewan Da‟wah, Direktur Qur‟anic School of Dewan Da‟wah, Mnajer Bidang Tahfizh, Musrif dan Musyrifah Tahfizh, Manajer Sains Islam, Guru dan siswa/i Qur‟anic School of Dewan Da‟wah. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: Hasil evaluasi konteks terbagi pada tiga aspek evaluasi yaitu landasan filosofis, misi/tujuan program dan urgensitas program sertifikasi tahfizh. Analisis Input dalam penelitian ini mencakup beberapa komponen yaitu kepemimpinan manajer staf tahfizh, kurikulum, musyrif/fah, siswa/i, pembiayaan serta sarana dan prasarana. Pada penelitian evaluasi proses ini mencakup 4 hal yaitu, perencanaan pelaksanaan, pelaksanaan, system penilaian, monitoring atau evaluasi, program tahfizh 10 juz mutqin di Qur‟anic School of Dewan Da‟wah. Pada penelitian evaluasi produk dilakukan penelitian mencakup 3 aspek yaitu hasil ujian tahfizh, dampak akademik dan dampak non akademik. Secara keseluruhan hasil evaluasi implementasi program tahfizh 10 juz mutqin di Qur‟anic School of Dewan Da‟wah memperlihatkan implementasi yang baik berdasarkan kriteria standar objektif yang ditetapkan dalam evaluasi ini.