Tesis ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji nilai-nilai penguatan
pendidikan karakter, Implementasi nilai-nilai penguatan pendidikan karakter dan Upaya dalam meningkatkan keefektifan sekolah melalui penguatan pendidikan karakter selama proses belajar dari rumah di SD Integral Hidayatullah Depok. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dimana seting tempat kondisi dan situasinya sebagai data langsung. Adapun data yang digunakan Data yang diperoleh dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh orang tua dengan anaknya di rumah, nilai-nilai selama siswa belajar dari rumah. Ditambah pula dengan hasil wawancara terhadap beberapa siswa, orang tua siswa, dan guru secara acak. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai pendidikan karakter yang dilaksanakan dari rumah oleh siswa masih memerlukan pembiasaan sehingga perlu adanya dorongan dari orang tua untuk selalu mengingatkan dan membiasakan agar nilai-nilai tersebut dapat menjadi karakter dalam diri seorang anak. Implementasi nilai-nilai penguatan pendidikan karakter yang dilaksanakan melalui kegiatan pembiasaan, keteladanan, pembinaan, dan pembelajaran dapat dilaksanakan dengan
baik. Tetapi, pembiasaan peserta didik untuk berperilaku baik perlu ditunjang oleh guru dan kepala sekolah. Upaya dalam meningkatkan keefektifan sekolah melalui penguatan pendidikan karakter yaitu adanya program atau kebijakan, Adanya kelompok sasaran yang dijadikan kelompok perbaikan serta konsisten dan saling bekerja sama dengan orang tua siswa dalam pengawasan di rumah.
|