Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Sifat Pribadi dan Perilaku
Memimpin Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMP Islam Al Azhar di DKI Jakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMP Islam Al Azhar yang berada di wilayah DKI Jakarta dengan jumlah sampel 44 orang guru sebagai responden, diambil dengan menggunakan teknik Judgement Sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model survey yang dianalisis menggunakan teknis analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat pengaruh langsung positif Sifat Pribadi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dapat diterima, hal ini dapat
diketahui berdasarkan hasil Uji-t dengan taraf signifikansi 5% terlihat bahwa nilai thitung > nilai ttabel atau 7,310 > 2,018, dan hasil perhitungan Analisa Jalur diperoleh nilai p31 = 0,748 atau 0,748 > 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif Perilaku Memimpin Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru dapat diterima, hal ini dapat diketahui dari hasil Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 2,498 > 2,018, dan hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p32 = 0,360 atau 0,360 > 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh positif Sifat Pribadi Kepala Sekolah terhadap Perilaku
Memimpin Kepala Sekolah dapat diterima, hal ini dapat diketahui dengan Uji-t bahwa dengan taraf signifkan 5% diperoleh nilai thitung > nilai ttabel atau 5,583 > 2,018, dan hasil perhitungan analisa jalur diperoleh nilai p21 = 0,653 atau 0,653 > 0,05. Berdasarkan temuan penelitian di atas, variabel sifat pribadi dan perilaku memimpin kepala sekolah berkontribusi terhadap kinerja guru. Dengan demikian perlu kiranya setiap kepala sekolah dapat menunjukkan sifat pribadi dan perilaku memimpin yang baik sehingga dapat menjadi contoh dan tauladan para guru dalam meningkatkan kinerjanya.
|