Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Budaya Kerja terhadap Loyalitas Kerja Guru Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta Utara. Bentuk Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey kausal dengan teknik analisis jalur. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan visioner kepala sekolah (X1) terhadap loyalitas kerja guru (X3) Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta Utara, Berdasarkan hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pengaruh kepemimpinan visioner terhadap loyalitas kerja guru sebesar 66,5% lebih besar dibandingkan pengaruh budaya kerja terhadap loyalitas kerja guru yaitu 11,7%. Terdapat pengaruh langsung positif budaya kerja(X2) terhadap loyalitas kerja guru (X3) Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta Utara. Berdasakan Uji Signifikansi t bahwa, Budaya Kerja berpengaruh signifikan terhadap loyalitas kerja guru pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta Utara. Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan visioner kepala sekolah (X1) terhadap budaya kerja guru (X2) Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta Utara, bahwa kepemimpinan visioner dan budaya kerja berpengaruh secara simultan dalam meningkatkan loyalitas kerja guru pada Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Jakarta Utara sebesar 78,1% sedangkan sisanya sebesar 21,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar kepemimpinan visioner dan budaya kerja yang tidak diteliti. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini menggunakan kuesioner dengan Skala Model Likert. Selanjutnya kuesioner diujikan kepada guru yang menjadi sampel uji coba penelitian sebanyak 30 guru di luar sampel penelitian sebanyak 118 guru. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Jakarta Utara, sedangkan, populasi terjangkau adalah guru Sekolah Dasar Islam Terpadu di Jakarta Utara berjumlah 167 orang tahun 2019.