Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pengembangan sumber daya manusia yang memfokuskan tenaga pendidik (guru) pada organisasi Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri, efektifitas penerapan pengembangan sumber daya manusia yang didukung oleh manajemen sumber daya manusia yang baik, khususnya pada pembinaan dan pengembangannya. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dengan cara studi kasus. Proses pengumpulan data dilakukan dengan cara : wawancara, observasi, dan studi dokumen. Wawancara mengambil data dan informasi dari Ketua Yayasan Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri, Direktur Operasional, Kepala Departemen Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P3TK), Kepala Departemen Kurikulum dan Pembelajaran, Kepala Departemen Budaya Sekolah, Departemen Pusat Sumber Belajar, Kepala Biro Organisasi dan Kesekretariatan, Kepala Lembaga Pengembangan Sekolah, Kepala Sekolah, dan Guru TK,SD,SMP,SMA. Studi Dokumen dilakukan pada Staf Departemen Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, dan Staf Biro Organisasi dan Kesekretariatan. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data Matthew B Miles dan A Michael Huberman, dengan cara: koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dalam analisis data dilakukan pengkodean, klasifikasi data dan penyajian data menurut jenis data diperoleh. Untuk memperoleh keabsahan data, maka dilakukan Triangulasi Data. Dari analisis data diperoleh beberapa temuan, diantaranya: (1) Proses Pengembangan Sumber Daya Manusia pada tenaga pendidik(Guru) secara umum sudah berjalan dengan baik, hasil analisis kebutuhan dengan melakukan treatment Studium General/Seminar, Kuliah Guru, MGMP, Pelatihan & Workshop, Pendampingan, CISD, Training, Penugasan, Couching, Counseling. (2) Input dalam sistem pengembangan SDM tenaga pendidik di Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri berupa analisis Organisasi, sistem, orientasi Pengembangan, Asessment kompetensi guru Dan output yang di dapat berupa Peta Kompetensi Guru dari Pengukuran Hasil/treatment. (3) Efektifitas system proses pengembangan SDM tenaga pendidik di Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri, bila ditinjau dari peningkatan level kompetensi secara parsial dilihat dari pre dan post . Namun secara keseluruhan, keefektifan proses pengembangan untuk tahun berjalan baru dapat terlihat jelas di akhir tahun.(4) Ketercapaian hasil pengembangan sumber daya manusia di Sekolah Islam Terpadu Nurul Fikri menjadi evaluasi untuk menilai apakah system pengembangan yang ada sudah efektif atau belum. Jika merujuk pada tahun lalu, bahwa adanya perubahan pada capaian hasil pre dan post pasca treatment