Penelitian ini sebagai alat kajian bertujuan untuk menelaah dan menganalisis dari masalah sebagai variabel yang diteliti sesuai dengan hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat pengaruh langsung positif Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Pengelolaan Kurikulum, (2) terdapat pengaruh langsung positif
Budaya Organisasi terhadap Pengelolaan Kurikulum, (3) terdapat pengaruh
langsung positif Manajemen Berbasis Sekolah terhadap Budaya Organisasi.
Metode yang digunakan adalah Metode kuantitatif yaitu sebagai penelitian
yang berdasar pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada instrument penelitian analisis data bersifat kuantitatif statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan dan dilaksanakan pada guru-guru SMKS di Wilayah I Jakarta, mempunyai populasi target terdiri atas 8 Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Wilayah I Jakarta Selatan dengan jumlah guru 157 Orang. Dari populasi target tersebut dapat dijangkau oleh penelitian, dengan menggunakan populasi terjangkau terdiri atas 4 Sekolah Menengah Kejuruan Swasta dengan jumlah guru 108 orang. Untuk menentukan ukuran sampel penelitian, peneliti menggunakan rumus Slovin, maka peneliti mendapatkan sebanyak 107 responden (orang), penelitian ini menggunakan metode Proporsional Random Sampling. Penelitian menggunakan teknik pengumpulan ,data terdiri dari data primer dan data sekunder pada guru-guru SMKS di Wilayah I Jakarta Selatan.
|