Abstrak  Kembali
Riset ini bertujuan untuk mengungkapkan Pengaruh Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X1) dan Budaya Sekolah (X2) Terhadap Kinerja Guru (X3). Hipotesis yang di uji adalah (1) terdapat langung pengaruh positif Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Budaya Sekolah terhadap Kinerja Guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Budaya Sekolah. Populasi yang terbagi menjadi 1 wilayah, dengan teknik Proportional random sampling, terpilih 5 sekolah yang terdiri dari 162 guru. Kemudian di hitung dengan rumus Slovin maka diperoleh 115 orang sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan instrument kuesioner dengan metode survey, instrument yang menggunakan Skala Likert. Instrument di validasi dengan menggunakan uji validasi butir dan koefisien reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Persyaratan analisis di uji dengan normalitas Uji Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas menggunakan SPSS V.25. Analisis data dengan menggunakan teknik korelasi sederhana dan uji linieritas dan dengan akhirnya menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian adalah pertama terdapat pengaruh langsung positif Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X1) Terhadap Kinerja Guru (X3) dengan persamaan regresi 𝑋3̂1.597 + 0.976 X1 koefisien korelasi dan koefisien jalur p31=0,781 pada α = 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar r213 = 0,909 kedua terdapat pengaruh langsung positif Budaya Sekolah (X2) Terhadap Kinerja Guru (X3), dengan persamaan regresi 𝑋3̂= 27,041 + 0,722 X2 koefisien korelasi dan koefisien jalur p32=0,461 pada α = 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar r223= 0,890. Ketiga terdapat pengaruh langsung Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah (X1) terhadap Budaya Sekolah (X2), dengan persamaan regresi 𝑋2̂= 1.597 + 0.976 X1 koefisien korelasi dan koefisien jalur p21=0,890 pada α = 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar r12 12=0,890.