Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Di SDIT Al Haraki. Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model Countenance Evaluation Modell. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif melalui analisis data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen. Informan pada penelitian ini adalah, kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana, wakil kepala sekolah bidang humas, Penanggung jawab UKS, pustakawan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SDIT Al haraki berjalan optimal dan mampu meningkatkan mutu pendidikan. Pada aspek Antecedents (kondisi awal) landasan kebijakan MBS sangat kuat karena ditegaskan dalam UU No. 20 Tahun 2003 dan tujuan penyelenggaraan MBS berhasil meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Al Haraki. Pada aspek Transaction (Proses), budaya sekolah, program, serta implementasi Manajemen Berbasis sekolah dilaksanakan sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Pada Outcomes (Hasil), Manajemen Berbasis Sekolah di SDIT Al Haraki telah berjalan optimal, karena ketercapaian telah terukur melalui nilai akreditasi A (UNGGUL) dengan nilai 99, dan juara 1 Lomba Budaya Mutu Tingkat Nasional kategori “Manajemen Berbasis Sekolah”.