Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah Pengaruh Kompetensi Guru dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Jakarta Selatan dengan menggunakan metode kuantitatif yaitu kuesioner pada guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Jakarta Selatan, dengan sampel penelitian sejumlah 123 guru yang dipilih secara proporsional random sampling. Hasil penelitian menunjukkan (1) Terdapat pengaruh langsung positif kompetensi guru terhadap kinerja guru dengan persamaan regresi X̂ 3 = 99,563 + 0,275 X1, (2) Terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi guru terhadap kinerja guru dengan persamaan regresi X3 = 110,431 + 0,220 X2, (3) terdapat pengaruh langsung positif kompetensi guru terhadap iklim organisasi guru dengan persamaan regresi X2 = 118,444 + 0,130 X1. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan informasi bermanfaat bagi guru dan pihak terkait dalam mengupayakan peningkatan kinerja guru melalui peningkatan kompetensi guru dan iklim organisasi yang kondusif.