Tesis ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi hasil evaluasi mengenai ( konteks, input, proses dan produk) kurikulum 2013 dalam menumbuhkan karakter di SD Negeri 06 Ciputat Tangerang Selatan dengan menggunakan model evaluasi CIPP, Yaitu Context, Input, Process dan Product. Metode yang digunakan adalah metode Evaluatif model CIPP yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah , meliputi menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan kepada kepala sekolah, wakil kurikulum, guru
dan sarana prasarana SD Negeri 06 Ciputat. Hasil temuan konteks ( Context) Aspek konteks yang dievaluasi dalam visi misi sekolah dan tujuan sekolah. Visi misi sekolah dan sekolah sudah terlaksana dengan baik sesuai dengan kebijakan pemerintah. Masukan (Input) dilihat dari beberapa aspek yaitu pendidik dan tenaga pendidik, peserta didik, sarana dan prasarana, dan pembiayaan. Indikator yang dapat memenuhi kriteria baik yaitu pendidik dan tenaga pendidik, peserta didik, sarana prasarana dan pembiayaan. Tetapi masih perlu perbaikan sarana prasarana yaitu kantin,mushola, UKS dan Ruang TU Proses (Process) Aspek yang dievaluasi : Kegiatan pembelajaran , berupa
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran,penilaian peserta didik, kegiatan ektrakulikuler dan budaya sekolah. Penilaian hasil peserta didik dari keseluruhan cukup baik. Yang perlu diperbaiki dan disempurnakan lagi yaitu proses kegiatan belajar mengajar dan pembiasaan budaya sekolah yang secara optimal. Produk (Product) Aspek yang dievaluasi yaitu prestasi akademik dan non akademik dan karakter yang sudah tumbuh pada peserta didik. Prestasi akademik dan non akademik memperoleh kejuaraan dan karakter yang tumbuh seperti disipli, tanggung jawab, peduli, menghargai dan percaya diri.
|