Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi terhadap implementasi manajemen berbasis sekolah Dasar Qur’an Al-Hayah condet Jakarta timur. Penelitian ini mengacu kepada undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, pasal 51 ayat (1) “pengelolaan satuan pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah dilaksanakan berdasarkan standar pelayanan minimal dengan prinsip manajemen berbasis sekolah/ madrasah. Penelitian ini dilakukan berdasarkan model evaluasi CIPP (context, input, process, product) dengan metode kualitatif, data diperoleh melalui observasi, wawancara dan telaah dokumen. Hasil penilaian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: : kesesuaian context, program yang meliputi visi misi sekolah, tujuan sekolah dan perencanaan pengembangan sekolah dalam kategori baik. Adapun perbaikan yang perlu ditingkatkan adalah dengan membangun, menjaga dan melestarikan budaya-budaya islami sesuai visi dan misi. Aspek input, : meliputi kepemimpinan kepala sekolah, kurikulum dan program pendidik dan tenaga kependidikan, keuangan dan pembiayaan sudah berjalan cukup baik, meskipun masih terdapat kekurangan dalam pengelolaannya, maka perlu adanya perbaikan dan pengembangan untuk
meningkatkan mutu dan kwalitas. Aspek process meliputi : kegiatan belajar
mengajar, kepemimpinan kepala sekolah serta peran dan dukungan masyarakat
secara keseluruhan sudah baik. Aspek product yaitu prestasi akademik dan non
akademik peserta didik SDQ Al-Hayah dalam kategori cukup baik dengan
pencapaian dan target dari perencanaan meskipun tidak seluruh peserta didik
mencapai standar target hafalan yang direncanakan akan tetapi secara keseluruhan hampir seluruhnya sudah mencapai nilai standar yang diharapkan. Sekolah Dasar Qur’an Al-Hayah dengan segala kekurangan dan kelebihannya diperlukan pengelolaan yang lebih baik disetiap program dan kegiatan yang akan dilaksanakan, agar target hafalan 6 juz dapat tercapai dan prestasi akademik pun dapat diraih.
|