Zainuri. Pengaruh fasilitas pendidikan dan kesejahteraan guru terhadap disiplin kerja guru MTs di Kota Tangerang. Tesis : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2011. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh langsung: (1) fasilitas pendidikan terhadap disiplin kerja guru, (2) kesejahteraan guru terhadap disiplin kerja guru, (3) fasilitas pendidikan terhadap kesejahteraan guru. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif fasilitas pendidikan terhadap disiplin kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif kesejahteraan guru terhadap disiplin kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positip fasilitas pendidikan terhadap kesejahteraan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru MTs di Kota Tangerang, populasi terjangkau adalah guru MTs di Kota Tangerang sebanyak 117 guru. Sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 72 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert. Analisis validitas dan reliabilitas dalam penelitian dihitung dengan bantuan Sofware SPSS versi 18. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Skewness, Kurtosis dan Kolmogorov-Smirnove dan pengujian homogenitas menggunakan uji probalitas signifikan. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linear, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi ? = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung fasilitas pendidikan terhadap disiplin kerja guru, dengan persamaan regresi linear X3 = 83,9961 + 0,5774X1 dan koefisien korelasi r13 sebesar 0,304 dan koefisien determinasi sebesar 0,92, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 9,2% pada taraf ? = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung kesejahteraan guru terhadap disiplin kerja guru, dengan persamaan regresi linear X3 = 80,985+0,268X2 dan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,394 dan koefisien determinasi sebesar 0,156 sehingga kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 15,6% pada taraf ? = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung fasilitas pendidikan terhadap kesejahteraan guru, dengan persamaan regresinya X2 = 48,0448 + 0,7402 X1. dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,450 dan koefisien determinasinya sebesar 0,203, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 20,3% pada taraf ? = 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan disiplin kerja guru karena hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan fasilitas dan kesejahteraan guru secara signifikan mampu meningkatkan disiplin kerja guru MTs di Kota Tangerang .
|