Judul ini adalah Penelitian terhadap Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Inklusi di Raudhatul Athfal (RA) Terpadu An Nahl Kebon Jeruk Jakarta Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan program pendidikan inklusi di RaudhatulAthfal (RA) Terpadu An Nahl Kebon Jeruk Jakarta Barat. Model penelitian yang digunakan adalah model CIPP yang meliputi Contex, Input, Process dan Product yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Sumber Data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, Beoma atau Komite dan orang tua. Pengumpulan
data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil komponen konteks menunjukkan adanya dukungan dari lingkungan sekolah dan program perlu dilanjutkan. Hasil temuan komponen input program inklusi dibuat sudah melibatkan pihak lain. Hasil temuan komponen proses menunjukkan sumber daya masih belum mendukung belum adanya Guru Pendamping Khusus dan sarana dan prasarana masih kurang memadai. Hasil temuan Produk menunjukkan adanya ABK gifted adaprestasi dibidang non akademik (lomba hafalan hadits dengan gerakan) sedangkan siswa ABK lain ada perubahan dalam perkembangannya. Aspek hambatan dan solusi dilakukan oleh guru dengan berinovasi dalam pembelajarannya agar tercipta pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga pembelajaran menjadi gembira dan berbobot.
|