Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengevaluasi bagaimana
Implementasi dan keberhasilan Program Penerimaan Peserta Didik Baru Jalur Inklusif yang telah dilaksanakan oleh Sekolah Menengah Pertama Negeri 195 Jakarta Timur dengan menggunakan model evaluasi CIPP merupakan singkatan dari Context evaluation, Input evaluation, Process evaluation, Product evaluation. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan memperoleh data secara ilmiah meliputi pengumpulan data yang dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, ketua komite sekolah, tim penerimaan peserta didik baru (PPDB), guru, orang tua peserta didik dan
peserta didik. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: hasil evaluasi konteks yaitu Visi, misi dan tujuan sekolah sudah dijalankan dengan baik, hasil evaluasi proses yaitu pendaftaran dan penerimaan peserta didik baru melalui jalur inklusif sudah dilaksanakan sekolah secara berkala, hasil evaluasi produk tim penerimaan peserta didik baru jalur inklusif juga sudah mampu menjaring siswa lebih kreatif dan memiliki inovasi dalam sosialisasi program pendaftaran khususnya melalui jalur inklusif, namun pada hasil evaluasi input masih terdapat kendala yaitu sistem pendaftaran online
terutama jalur inklusif masih ada yang belum difahami oleh orang tua siswa
dikarenakan kurangnya sosialisasi secara menyeluruh. Dan direkomendasikan untuk melanjutkan Program Penerimaan Peserta Didik Baru Online Jalur Inklusif di Sekolah Menengah Pertama Negeri 195 dengan peningkatan dan perbaikan untuk menuju profesionalitas pelayanan penerimaan peserta didik baru online jalur inklusi pada tahun 2022.
|