Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1. Untuk mengetetahui pengaruh pengaruh perhatian orangtua di masa pademi covid 19 terhadap hasil belajar matematika siswa di MIN 2 kota Tangerang selatan; 2. Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar di masa pademi covid 19 Terhadap
hasil belajar matematika siswa di MIN 2 Kota Tangerang Selatan; 2. Untuk
mengetahui pengaruh perhatian orangtua kebiasaan belajar di masa pademi covid 19 Terhadap hasil belajar matematika siswa di MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini, menggunakan metode survey dengan teknik korelasional, pengambilan sampel dengan teknik Sampling jenuh yang berjumlah 59 siswa dari seluruh siswa kelas VI MIN 2 Kota Tangerang Selatan. Pengumpulan data dilaksanakan dengan angket dikelas pada bulan januari 2021. Penelitian ini dapat di simpulkan bahwa (1). Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian Orang Tua dan Kebiasaan Belajar secara bersama-sama Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota tangerang Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig = 0,000 < 0,05 dan F hitung = 140,987. (2). Terdapat pengaruh yang signifikan Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota tangerang Selatan. Hal tersebut dibuktikan nilai Sig = 0,007 < 0,05 dan t hitung = 2,812. (3). Terdapat pengaruh yang signifikan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota tangerang Selatan. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000<0,05 dan t hitung = 7,112. Berdasarkan sejumlah temuan dan kesimpulan, dapat dijelaskan bahwa untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika perlu dilakukan langkah-langkah di antaranya meningkatkan perhatian orangtua, serta meningkatkan Kebiasaan belajar baik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Upaya peningkatan Hasil belajar Matematika dapat ditingkatkan dengan cara mempertinggi perhatian orangtua siswa yang meliputi memberikan bimbingan, pemberian fasilitas belajar baik materi maupun non materi dan mempererat kerjasama antar orangtua dengan sekolah ataupun guru. Jika hal tersebut dapat dilaksanakan dengan baik oleh orangtua maka diharapkan akan meningkatkan kebiasaan Belajar Matematika. Upaya meningkat hasil belajar matematika dapat juga melalui peningkatan Kebiasaan belajar yang meliputi jadwal belajar, kebiasaan membaca, kebiasaan membuat catatan, mengulangi materi pelajaran, konsentrasi ketaatan mengerjakan tugas, ketersedian sarana belajar dan dukungan belajar. Dengan kebiasaaan belajar yang baik mampu merubah siswa untuk belajar lebih baik lagi maka perlunya dukungan dan perhatian orangtua untuk membantu membiasakan kebiasaan belajar.
|