Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan capacity building kepala sekolah
untuk meningkatkan mutu Sekolah Dasar Islam Mutiara Harapan Tangerang Selatan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan analisis dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Adapun teknik analisis data dilakukan melalui tahap mentranskripsi data, mengode data, mengkategorikan data, mendeskripsikan data, menginterpretasi data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Syarat-syarat sebelum melakukan capacity building telah terpenuhi dengan baik antara lain partisipasi seluruh stakeholder dalam mendukung kegiatan capacity building, inovasi yang dilakukan oleh kepala
sekolah, akses terhadap informasi yang diberikan kepala sekolah kepada stakeholder, pertanggungjawaban kepala sekolah dalam melakukan kegiatan capacity building, dan kepemimpinan kepala sekolah yang dapat mendukung kegiatan capacity building. (2) Kegiatan capacity building yang dilakukan kepala Sekolah Dasar Mutiara Harapan sudah cukup baik, mencakup kemauan belajar kepala sekolah yang cukup tinggi, ikut serta pelatihan dan pendidikan, seminar, dan workshop, dan menciptakan iklim sekolah yang kondusif. (3) Faktor-faktor yang mempengaruhi capacity building kepala Sekolah Dasar Mutiara Harapan meliputi dukungan dan kebijakan lembaga, komitmen,
kepemimpinan, dan beban kerja kepala sekolah. (4) Kepala Sekolah Dasar Mutiara Harapan mengimplementasikan hasil kegiatan capacity building untuk meningkatkan mutu sekolah yang dilakukan melalui peningkatan profesionalisme guru, pengembangan kurikulum, proses pembelajaran, dan penilaian serta meningkatkan hasil belajar dan capaian sikap peserta didik Sekolah Dasar Mutiara Harapan.
|