Tujuan penelitian adalah untuk mengkaji pengaruh Kepemimpinan
Transformasional Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Mutu
Layanan Sekolah di SMA Swasta Subrayon Parung Bogor. Penelitian ini
dilakukan di lima sekolah. Hipotesis dalam penelitian ini, untuk mengkaji 1) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap mutu layanan sekolah (X3) 2) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru (X2) terhadap mutu layanan sekolah (X3) dan 3) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) terhadap motivasi kerja guru (X2). Populasi dalam penelitian ini adalah guru di SMA Swasta Subrayon Parung Bogor sebanyak 159 orang. Sampel dihitung dengan rumus slovin sebesar 114 guru/orang dengan metode proporsionate random sampling. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kausal. Uji coba instrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan reliabilitas instrumen
dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan alpha Cronbach.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) terdapat pengaruh langsung
positif Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah (X1) terhadap mutu
layanan sekolah (X3) sebesar 43,7% dengan persamaan regresi Ŷ = 72,440 +
0,547 X1, 2) Terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru (X2) terhadap mutu layanan sekolah (X3) sebesar 49,6% dengan persamaan regresi Ŷ = 49,124 + 0,927 X2, dan 3) Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan
transformasional kepala sekolah (X1) terhadap motivasi kerja guru (X2) sebesar 37,6% dengan persamaan regresi Ŷ = 61,020 + 0,385 X1.
|