Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi dengan motivasi kerja guru sekolah menengah kejuruan negeri di wilayah jakarta timur 2. Berdasarkan tujuan tersebut, maka hipotesis yang diuji adalah: (1) Terdapat pengaruh positif kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru SMK Negeri, (2) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja guru Sekolah SMK Negeri, dan (3) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dengan budaya organisasi sekolah SMK Negeri. Penelitian dilaksanakan pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di wilayah Jakarta Timur 2 dengan menggunakan metode survei. Jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 100 guru yang diambil dengan teknik acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kepemimpinan Kepala Sekolah, budaya organisasi sekolah dan motivasi kerja guru berupa kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengujian reliabilitas diketahui untuk kuesioner kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki koefisien determinasi 20,7% Budaya organisasi memiliki koefisien determinasi 41,7 dan untuk kuesioner motivasi kerja guru diperoleh koefisien determinasi 58%. Hasil analisis data disimpulkan (1) Terdapat pengaruh langsung Kepemimpinan kepala sekolah terhadap budaya organisasi sekolah yang diperoleh koefisien jalur 0,522; (2) Terdapat pengaruh langsung Budaya organisasi terhadap motivasi kerja guru yang diperoleh koefisien jalur 417 dan (3) Terdapat pengaruh langsung kepemimpinan kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru yang diperoleh koefisien jalur 0,58. Dengan hasil demikian, maka kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi perlu diperbaiki untuk meningkatkan motivasi kerja guru. Kepala sekolah sebagai pimpinan harus selalu melakukan pengawasan dan pembinaan motivasi kerja terhadap guru dengan pendekatan baik.