Tesis ini bertujuan untuk mengungkapkan peran sikap dan perilaku kerja prestatif pada siswa kelas XII di SMK Wira Buana 1. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode kualitatif deskriptif yaitu dengan mendapatkan data secara alamiah, meliputi pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada para struktural di SMK Wira Buana 1, yaitu Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Wakil Kepala Sekolah Bidang Hubungan Industri, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana, Guru Mata Pelajaran Kewirausahaan, dan Siswa kelas XII. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sikap dan perilaku kerja prestatif pada siswa kelas XII masih harus ditingkatkan, hal ini perlu dukungan semua stakeholder di SMK Wira Buana 1, dimulai dari sosialisai sikap dan perilaku kerja prestatif kepada siswa dimulai dari kelas X. selanjutnya diperlukan ketegasan dalam pelaksanan tata tertib, khususnya kedisiplinan jam hadir siswa dan guru, pemberian pelatihan kepada tenaga pendidik baik dari segi keilmuan maupun keterampilan. Dan yang tidak kalah penting yaitu dukungan fasilitas sarana dan prasarana penunjang KBM. Terlebih pada Lab Praktek dan Unit Bisnis sebagai wadah siswa meningkatkan keterampilan kejuruannya.
|