Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengevaluasi tahap konteks, tahap input,
tahap proses dan tahap hasil manajemen sarana dan prasarana pendidikan yang berlandaskan kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 11 Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif menggunakan model CIPP (conteks, imput, process, dan product). Partisipan dalam penelitian evaluasi ini adalah kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan dan keabsahan data yaitu
dengan triangulasi. Hasil penelitian evaluasi ini menunjukkan: 1) Komponen konteks dalam program sarana dan prasarana pembelajaran sudah cukup baik, namun perlu adanya perbaikan dari ketersediaan sarana prasarana yang belum memadai, 2) Komponen masukan dalam program sarana dan prasarana pembelajaran sudah cukup baik, ini dibuktikan dari kriteria sumber daya manusia, sarana dan prasarana secara keseluruhannya, 3) Komponen proses
dalam program sarana dan prasarana pembelajaran sudah cukup baik, terlihat kepala SMA Muhammadiyah 11 Jakarta telah berupaya merealisasikan rencana kebutuhan pengadaan dalam proses pengadaan yang dilakukan sekolah yaitu dengan memberikan sarana dan prasarana yang diperlukan oleh sekolah untuk keperluan proses belajar mengajar, dan 4) Komponen hasil dalam program sarana dan prasarana pembelajaran kurang baik, karena ada sarana dan prasarana yang rusak dan masih dalam perbaikan. Program sarana dan prasarana ini direkomendasikan untuk dilanjutkan dengan perbaikan prasarana yang rusak.
|