Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana perencanaan, pengadaan, pengaturan dan penggunaan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Baitussalam tajur halang Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena dan konteks dalam manajemen sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan di SDIT Baitussalam tajur halang Bogor. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Key informan adalah Kepala SDIT Baitussalam tajur halang Bogor, kemudian ditambah informan lainnya yang ada kaitannya dengan permasalahan yang diajukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; Perencanaan dimulai dengan analisis kebutuhan sarana dan prasarana apa saja yang akan diadakan. Analisis kebutuhan dilakukan melalui rapat tim pengembang madrasah selanjutnya disampaikan ke ketua komite kemudian pihak yayasan. Proses pengadaan sarana dan prasarana ditetapkan oleh kepala madrasah dengan koordinasi bendahara kemudian guru menyediakan barang apa saja sesuai kebutuhan. Prosesnya pengadaannya kebanyakan dilakukan dengan cara pembelian. Pengaturan sarana dan prasarana pendidikan di SDIT Baitussalam melalui inventarisasi, penyimpanan dan pemeliharaan yang dilakukan dengan baik. Penggunaan sarana dan prasarana pendidikan dilakukan dengan penjadwalan serta penunjukan personel atau petugas yang sesuai dengan keahlian pada bidangnya serta bertanggung jawab dengan sarana atau prasarana seperti laboratorium.