Abstrak  Kembali
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi sistematis pelaksanaan Teaching Factory pada SMK IT YP IPPI Cakung Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan dan faktor yang menghambat dan mendukung pelaksanaan Teaching Factory pada SMK IT YP IPPI Cakung Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan model CIPP. Data penelitian dikumpulkan dengan metode Wawancara, Observasi, Angket, dan Dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pelaksanaan teaching factory berawal dari pembentukan struktur manajemen dan kerjasama dengan industri serta Dinas Pendidikan terkait . (2) faktor penghambat dalam program ini adalah Sumber Daya Manusia yaitu guru dan peserta didiknya, untuk gurunya masih belum lengkap untuk jurusan Teknik Komputer dan Jaringan namun guru yang tersedia sudah memenuhi kualifikasi akademik sesuai kompetensinya dan factor perserta didiknya tidak mengikuti semua program ini (3) faktor pendukung teaching factory yaitu produk yang unggul, bahan baku yang mudah diperoleh, sarana dan prasarana yang mendukung, strategi kerja yang dapat disesuaikan dengan kondisi, pemasaran yang baik, dan lokasi yang mencukupi untuk melaksanakan produksi.