Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel eksogen yaitu
Kepemimpinan Visioner Kepala Sekolah dan Disiplin Kerja Guru terhadap variabel endogen yaitu Motivasi Berprestasi Guru di Madrasah Tsanawiyah se – Jakarta Pusat. Metode penelitian yang digunakan adalah survey yang bersifat kausal serta menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Populasi target pada penelitian ini sebanyak 182 guru, sedangkan populasi terjangkau sebanyak 170 guru dan sampel penelitian sebanyak 125 guru. Penetapan sampel penelitian dilakukan secara random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat (1) Terdapat pengaruh positif langsung positif kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap motivasi berprestasi guru di Madrasah Tsanawiyah se - Jakarta (2) Terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap motivasi berprestasi guru di Madrasah Tsanawiyah se – Jakarta Pusat (3) Terdapat pengaruh positif langsung positif kepemimpinan visioner kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di Madrasah Tsanawiyah se – Jakarta Pusat dengan koefiisern determinasi persamaan struktur 1 yaitu 0,968 dan struktur yaitu 2 0,959
|