Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi : (1) Reaksi peserta pelatihan terhadap proses pelaksanaan pelatihan mulai dari skill dan pengetahuan yang dimiliki oleh instruktur pelatihan, materi yang disajikan, media pelatihan, konsumsi, jadwal pelatihan, letihan dan tugas serta hand out, (2) peningkatan pengetahuan dan skill peserta pelatiahn sebelum dan setelah emngikuti pelatihan, (3) perubahan perilaku peserta pelatihan dengan melihat perilaku sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan serta kebiasaa - kebiasaan baru yang dilakukan oleh peserta pelatihan. (4) dampak dan hasil yang diperoleh pasca pelaksanaan pelatiahn tersebut bagi sekolah tempat guru tersebut mengajar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah penyelenggara pelatihan pedagogik yaitu LPMP provinsi DKI Jakarta, alumni peserta pelatihan, kepala sekolah, rekan sesame guru dan siswa di SMP N 21 penjaringan Jakarta Utara. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Peneliti merupakan instrumen utama dalam melakukan penelitian yang dibantu oleh pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah rencana analisis, menafsirkan temuan, menarik kesimpulan, membuat rekomendasi dari pelajaran yang diperoleh. Trianggulasi sumber dan triangulasi teknik dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan berbagai sumber dan teknik dalam mencari informasi yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Reaksi peserta pelatihan terhadap proses pelaksanaan pelatihan mulai dari skill dan pengetahuan yang dimiliki oleh instruktur pelatihan, materi yang disajikan, media pelatihan, konsumsi, jadwal pelatihan, letihan dan tugas serta hand out menunjukkan hasil yang baik, (2) Terjadi peningkatan pengetahuan dan skill peserta pelatiahn sebelum dan setelah mengikuti pelatihan, (3) Terjadi perubahan perilaku peserta pelatihan dengan melihat perilaku sebelum dan sesudah mengikuti pelatihan serta kebiasaa -kebiasaan baru yang dilakukan oleh peserta pelatihan. (4) adanya dampak dan hasil yang signifikan baik pasca pelaksanaan pelatiahn tersebut bagi sekolah tempat guru tersebut mengajar.