Etos kerja merupakan sifat mendasar dan cara individu memberikan
ekspresi terhadap kerja yang dapat menjadi pendorong atau penggerak untuk
meraih keberhasilan. Seorang guru yang mempunyai etos kerja yang tinggi
cenderung mempunyai sikap positif terhadap pekerjaannya. Kecamatan
Pondok Aren yang berada di daerah Tangerang Selatan yang merupakan
pemekaran dari Kota Tangerang, sangat memerlukan berbagai penelitian untuk
dapat meningkatkan dan mengembangkan etos kerja guru yang ada di
daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan
langsung positif dan signifikan antara Kepemimpinan Autentik Kepala
Sekolah dan Manajemen Layanan Sarana dan Prasarana dengan Etos Kerja
Guru di Sekolah dasar Negeri Gugus 16 di Kecamatan Pondok Aren. Penelitian
ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini
adalah penelitian korelasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode penelitian survey. Dengan jumlah populasi 145 guru sekolah
dasar negeri yang ada di gugus 16 kecamatan Pondok Aren dan dengan
menggunakan rumus Slovin didapatkan hasil 106 sampel. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan questioner kepada
seluruh sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis uji F diketahui bahwa
nilai F hitung sebesar 22,344, dan dengan taraf signifikansi (p-value), 0,000.
Ini berarti nilai Sig < nilai α ( 0,000 < 0,05),maka dapat disimpulkan bahwa
Kepemimpinan Autentik (X1) dan Manajemen layanan sarana (X2) secara
bersama-sama berhubungan sangat signifikan terhadap Etos kerja guru (Y).
Hasil analisis Koefesien Determinasi diketahui bahwa hubungan antara
Kepemimpinan Autentik (X1) dan Manajemen layanan sarana (X2) terhadap
Etos kerja guru (Y) diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,303. Ini memberi
arti bahwa sekitar 30,3% variasi yang terjadi pada Etos kerja guru SDN gugus
16 Kecamatan Pondok Aren dapat dijelaskan oleh Kepemimpinan Autentik
(X1) dan Manajemen layanan sarana (X2). Berdasarkan hasil penelitian dan
pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan langsung
positif dan signifikan Kepemimpinan Autentik dan Manajemen layanan sarana
prasarana secara bersama-sama terhadap Etos kerja guru di SDN gugus 16
Kecamatan Pondok Aren.Ini artinya semakain baik Kepemimpinan Autentik
dan Manajemen layanan sarana maka akan semakin meningkatkan Etos kerja
guru, demikian juga sebaliknya semakin buruk Kepemimpinan Autentik dan
Manajemen layanan sarana akan semakin membuat rendahnya Etos kerja guru.
|