Abstrak  Kembali
Etos kerja merupakan sifat mendasar dan cara individu memberikan ekspresi terhadap kerja yang dapat menjadi pendorong atau penggerak untuk meraih keberhasilan. Seorang guru yang mempunyai etos kerja yang tinggi cenderung mempunyai sikap positif terhadap pekerjaannya. Kecamatan Pondok Aren yang berada di daerah Tangerang Selatan yang merupakan pemekaran dari Kota Tangerang, sangat memerlukan berbagai penelitian untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan etos kerja guru yang ada di daerahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan langsung positif dan signifikan antara Kepemimpinan Autentik Kepala Sekolah dan Manajemen Layanan Sarana dan Prasarana dengan Etos Kerja Guru di Sekolah dasar Negeri Gugus 16 di Kecamatan Pondok Aren. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kuantitatif. Penelitian ini adalah penelitian korelasional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Dengan jumlah populasi 145 guru sekolah dasar negeri yang ada di gugus 16 kecamatan Pondok Aren dan dengan menggunakan rumus Slovin didapatkan hasil 106 sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan questioner kepada seluruh sampel penelitian. Berdasarkan hasil analisis uji F diketahui bahwa nilai F hitung sebesar 22,344, dan dengan taraf signifikansi (p-value), 0,000. Ini berarti nilai Sig < nilai α ( 0,000 < 0,05),maka dapat disimpulkan bahwa Kepemimpinan Autentik (X1) dan Manajemen layanan sarana (X2) secara bersama-sama berhubungan sangat signifikan terhadap Etos kerja guru (Y). Hasil analisis Koefesien Determinasi diketahui bahwa hubungan antara Kepemimpinan Autentik (X1) dan Manajemen layanan sarana (X2) terhadap Etos kerja guru (Y) diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,303. Ini memberi arti bahwa sekitar 30,3% variasi yang terjadi pada Etos kerja guru SDN gugus 16 Kecamatan Pondok Aren dapat dijelaskan oleh Kepemimpinan Autentik (X1) dan Manajemen layanan sarana (X2). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan langsung positif dan signifikan Kepemimpinan Autentik dan Manajemen layanan sarana prasarana secara bersama-sama terhadap Etos kerja guru di SDN gugus 16 Kecamatan Pondok Aren.Ini artinya semakain baik Kepemimpinan Autentik dan Manajemen layanan sarana maka akan semakin meningkatkan Etos kerja guru, demikian juga sebaliknya semakin buruk Kepemimpinan Autentik dan Manajemen layanan sarana akan semakin membuat rendahnya Etos kerja guru.