Abstrak  Kembali
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan analisis mengenai pengaruh (1) Kepemimpinan tranformasional terhadap kepuasan kerja guru. (2) Disiplin kerja Guru terhadap kepuasan kerja guru dan (3) Kepemimpinan transformasional terhadap disiplin kerja guru. Metode yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Kota Jakarta Selatan berjumlah 142 orang. Sampel berjumlah 105 orang dengan menggunakan teknik acak proporsional (Proportional Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel kepuasan kerja guru, kepemimpinan transformasional dan disiplin kerja guru berupa angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Terdapat pengaruh langsung positif kepemimpinan transformasional terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi yaitu X, = 96,828 + 0, 178X1 ; dapat dimaknai jika kepemimpinan transformsional diberi skor 1, maka kepuasan kerja guru akan meningkat sebesar 0, 697; koefesien korelasi sebesar r13= 0, 240; dan koefesien jalur p31 Sebesar 0, 140; pada taraf signifikansi a = 0, 05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi ^X , = 94,474 + 0,219 X2; dengan koefisien jalur variabel disiplin kerja guru terhadap kepuasan kerja guru (ρ32) sebesar 0,263 ˃ 0,05 dan ρ value = 0,007 < 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif disiplin kerja guru terhadap kepuasan kerja guru dengan persamaan regresi X2 = 100,365 + 0,256X1 dengan koefisien jalur variabel disiplin kerja guru atas kepemimpinan transformasional (ρ21) sebesar 0,276 dan ρ value = 0,004 < 0,05.