Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program boarding school di Kafila Internasional Islamic School Jakarta. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian evaluatif yang menerapkan teknik evaluasi model CIPP dengan fokus pada evaluasi konteks (context), masukan (input), proses (process), dan hasil (product). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek konteks (context) boarding Kafila Internasional Islamic School Jakarta adalah baik menerapkan ISO manajemen, dan juga menyatakan bahwa
legalitas penyelenggaraan dan keberadaan diapresiasi oleh masyarakat. Pada aspek masukan (input) ustadz dan ustadzah adalah lulusan sarjana, sarana dan prasarana baik dan memadai. Adapun pada aspek proses (process) dalam pengajaran di lingkungan boarding sudah baik dan para santri dapat mengikuti proses belajar dengan antusias. Begitu pula pengawasan pendidikan sudah berjalan dengan baik. Selanjutnya pada aspek hasil atau produk (product), hasil Ujian Nasional (UN) di Kafila Internasional Islamic School terdapat di posisi yang juga sudah baik dan lulusan Kafila terserap ke perguruan tinggi dalam negeri dan perguruan tinggi luar negeri.
|