Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program HOTS di SDN Cengkareng Barat 03 Pagi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan model (CIPP). Data penelitian dikumpulkan dengan metode Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Narasumber pada penelitian ini adalah, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, Ketua Program, Koordinator Aset dan Barang serta Guru. Analisa data dilakukan dengan analisa kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) SDN Cengkareng Barat 03 Pagi telah berupaya menyesuaikan dengan pedoman HOTS yang dikeluarkan Kemendikbud tahun 2019. Visi, Misi dan Tujuan sekolah telah selaras dengan adanya program HOTS ini. (2) Perencanaan program dipersiapkan dengan baik tetapi mengalami kendala pandemi Covid-19. Ketersediaan sarana dan prasarana telah mendukung pelaksanaan program HOTS. Tidak terdapat alokasi anggaran yang disediakan secara khusus. SDM yang dimiliki telah memenuhi standar. Panitia Pelaksana program perlu melakukan penjadwalan dalam perumusan rapat koordinasi. (3) Pelatihan program yang telah dilaksanakan dapat dikatakan berhasil namun perlu adanya perhatian khusus untuk mengoptimalkan pemahaman guru senior dalam penerapan pembelajaran berbasis HOTS. (4) Produk pada program ini adalah instrumen penilaian HOTS. Intrumen penilaian Paket soal kelas V terdiri dari 10 butir soal 7 diantaranya masuk dalam kategori soal dengan standar penilaian HOTS sedangkan 3 diantaranya tidak termasuk dalam kategori soal HOTS. Paket soal kelas VI terdiri dari 15 butir soal, 9 diantaranya masuk dalam kategori soal dengan standar penilaian HOTS sedangkan 6 diantaranya tidak termasuk dalam kategori soal HOTS. Guru-guru yang telah mengikuti program HOTS khususnya guru SDN Cengkareng Barat 03 Pagi telah mampu menyusun dan membuat soal yang berbasis HOTS hanya saja belum optimal dan harus di maksimalkan kembali.