Abstrak  Kembali
Tesis ini bertujuan untuk menjelaskan tingkat keberhasilan dari program Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) yang pada akhirnya menuju perbaikan dan penyempurnaan serta dapat dijadikan sebagai acuan dalam menentukan kebijakan program di Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat selanjutnya. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi Kirkpatrick yang mencakup empat level yaitu level 1 reaction; level 2 learning; level 3 behavoir dan level 4 result. Sementara metode penelitian yang digunakan adalah metode evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Teknisnya, dalam penelitian ini dibuat gambaran lengkap, meneliti kata kata, laporan terperinci dari pandangan responden, dan dilakukan studi pada situasi yang alami. Populasi dalam penelitian evaluasi ini adalah seluruh peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator yang berjumlah 40 orang di Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama. Dalam penelitian ini pengumpulan data diperoleh dari sumber data atau responden yang dipilih dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pelatihan peserta angkatan I dari hasil angket dan evaluasi peserta terhadap penyelenggara dinilai baik terbukti dengan perolehan nilai rata rata keseluruhan 94. Hasil angket dan evaluasi peserta terhadap narasumber dinilai baik dengan rata-rata 88,4. Studi dokumentasi menunjukkan pengujian tersebut terlihat jelas dampak Pelatihan Kepemimpinan Administrator, secara garis besar seluruh peserta alumni pelatihan sudah menyelesaikan tugas tugas aksi perubahan dan mengimplementasikan ilmu yang telah diterima pada saat pelatihan walaupun pelaksanaan aksi perubahan berbeda-beda.